Senin, 20 Agustus 2012

Biaya dan Beban


Perbedaan antara biaya dan beban
  • Biaya adalah kas atau setara kas yang dikeluarkan perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat atas biaya tersebut. manfaat tersebut biasanya berupa pendapatan yang di terima perusahaan akibat mengeluarkan biaya.
  • Beban adalah pengorbanan yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapat masa manfaat dimasa kini dan dimasa akan datang. Manfaat yang dimaksud adalah manfaat atas penggunaan sumber daya dan bukan termasuk klarifikasi upaya perusahaan dalam mendapatkan pendapatan.
  • Letak perbedaan biaya dan beban adalah dibagian manfaat yang diperoleh. Manfaat yang diperoleh untuk klarifikasi biaya adalah pendapatan, sedangkan manfaat yang diperoleh untuk klarifikasi beban adalah penggunaan sumber daya.
  • Contoh biaya, perusahaan membeli sebuah mobil. Tujuan mobil dibeli adalah untuk meningkatkan aktivitas pengiriman barang ke pelanggan, sehingga dapat menghasilkan pendapatan yang berlipat ganda bagi perusahaan.
  • Contoh beban, perusahaan membayar bunga atas pinjaman berupa uang di bank maritim. Perusahaan melakukan pembayaran bunga karena menerima manfaat berupa penggunaan sumber daya berupa uang pinjaman yang diberikan kepada bank maritim. Membayar bunga pinjaman tidak ada sangkut pautnya dengan  usaha perusahaan dalam meningkatkan pendapatan namun lebih diklarifikasikan sebagai kewajiban perusahaan.
  • Penjelasan tambahan, biaya kas dan setara kas. Kas adalah bentuk fisik dari uang. Sedangkan setara kas adalah bentuk fisik atau nonfisik yang bisa disetarakan dengan uang. Misalnya, pembelian mobil dengan menggunakan check bank perusahaan.
  • Definisi lainnya, bahwa biaya didefinisikan sebagai pengorbanan untuk memperoleh barang atau jasa. Biaya yang menghasilkan manfaat dimasa akan datang dicatat sebagai aset dalam  laporan perubahan posisi keuangan perusahaan (dahulu disebut neraca), sedangkan beban didefinisikan manfaat yang dirasakan oleh perusahaan akibat pengeluaran biaya yang terjadi.
  • Contoh biaya, perusahaan membeli mobil. Mobil mempunyai masa manfaat lebih dari 10 tahun. Maka mobil dapat diklarifikasikan sebagai aset (rincian, dalam aset, mobil dikatagorikan sebagai aset tetap, karena mempunyai masa manfaat lebih dari 1 periode akuntansi).
  • Contoh beban, ketika membeli mobil, perusahaan harus mengeluarkan biaya – biaya untuk merasakan manfaat atas pembelian mobil tersebut. seperti pembelian bahan bakar dan perawatan. Pembelian bahan bakar dan perawatan atas mobil tersebut itulah yang dikatakan sebagai beban.



Read more: http://pelajaran-blog.blogspot.com/2011/04/membuat-read-more-otomatis-auto.html#ixzz1zS3JSlz6

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar